Sumur Air Zam-Zam dan Fakta nya

Sumur Air Zam-Zam dan Fakta nya



Air Zam Zam, biasa kita lihat orang balik dari Mekkah dan menuju balik, pasti tidak afdol kalau tidak membawa air Zam Zam tersebut....

Yuk kita Simak.

 


Sumur Zam - Zam
Khasiat air zam - zam tentunya bukan disini yang mesti menjelaskan, tapi kalau dongengan geologi sumur zam - zam mungkin bisa dijelaskan disini. Sedikit cerita Pra - Islam, atau sebelum kelahiran Nabi Muhammad, diawali dengan kisah Isteri dari Nabi Ibrahim, Siti Hajar, yang mencari air untuk anaknya yang cerita. Sumur ini kemudian tidak banyak atau bahkan tidak ada ceritanya, sehingga sumur ini dikabarkan hilang.
Sumur Zam-zam yang sekarang ini kita lihat adalah sumur yang digali oleh Abdul Muthalib kakeknya Nabi Muhammad. Sehingga saat ini, dari “ilmu persumuran” maka sumur Zam-zam termasuk kategori sumur gali (Dug Water Well).

Dimensi Dan Profil Sumur Zam - Zam
Bentuk sumur zam - zam dapat dilihat dibawah ini.

 

Bentuk Sumur Zam - Zam
Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 30.5 meter. Hingga kedalaman 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.

Mata air Zam - Zam
Dibawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter (0.5 m) lapisan yang sangat lulus air (permeable). Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air - air di sumur zam - zam.
 
Mata Air Zam - Zam
Kedalaman 17 meter kebawah selanjutnya, sumur ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku Diorit. Batuan beku jenis ini (Diorit) memang agak jarang dijumpai di Indonesia atau di Jawa, tetapi sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tetapi tidak ada (barangkali saja saya belum menemukan) laporan geologi yang menunjukkan hal itu.
Dari uji pemompaan sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11 – 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/menit atau 40 000 liter per jam. Celah - celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah (rekahan) yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75 cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil kearah Shaffa dan Marwa.
Keterangan geometris lainnya, celah sumur dibawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari bibir sumur 30 m, kedalaman air dari bibir sumur = 4 m, kedalaman mata air 13 m, Dari mata air sampai dasar sumur 17 m, dan diameter sumur berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.

Air Hujan Sebagai Sumber Berkah
Air Hujan Sebagai Sumber Berkah

Kota Makkah terletak di lembah, menurut SGS (Saudi Geological Survey) luas cekungan yang mensuplai sebagai daerah tangkapan ini seluas 60 Km2 saja, tentunya tidak terlampau luas sebagai sebuah cekungan penadah hujan. Sumber air Sumur zam - zam terutama dari air hujan yang turun di daerah sekitar Makkah.
Sumur ini secara hydrologi hanyalah sumur biasa sehingga sangat memerlukan perawatan. Perawatan sumur ini termasuk menjaga kualitas higienis air dan lingkungan sumur serta menjaga pasokan air supaya mampu memenuhi kebutuhan para jamaah di Makkah. Pembukaan lahan untuk pemukiman di seputar Makkah sangat ditata rapi untuk menghindari berkurangnya kapasitas sumur ini.
  Lokasi Sumur Zam - Zam

Gambar diatas ini memperlihatkan lokasi sumur zam - zam yang terletak ditengah lembah yang memanjang. Masjidil haram berada di bagian tengah diantara perbukitan - perbukitan disekitarnya. Luas area tangkapan yang hanya 60 Km persegi ini tentunya cukup kecil untuk menangkap air hujan yang sangat langka terjadi di Makkah, sehingga memerlukan pengawasan dan pemeliharaan yang sangat khusus.
Sumur zam - zam ini, sekali lagi dalam pandangan (ilmiah) hidrogeologi , hanyalah seperti sumur gali biasa. Tidak terlalu istimewa dibanding sumur - sumur gali lainnya. Namun karena sumur ini bermakna religi, maka perlu dijaga. Banyak yang menaruh harapan pada air sumur ini karena sumur ini dipercaya membawa berkah. Ada yang menyatakan sumur ini juga bisa kering kalau tidak dijaga. Bahkan kalau kita tahu kisahnya sumur ini diketemukan kembali oleh Abdul Muthalib (kakeknya Nabi Muhammad SAW) setelah hilang terkubur 4000 tahun (?).
Dahulu diatas sumur ini terdapat sebuah bangunan dengan luas 8.3 m x 10.7 m = 88.8 m2. Antara tahun 1381-1388 H bangunan ini ditiadakan untuk memperluas tempat thawaf. Sehingga tempat untuk meminum air zam - zam dipindahkan ke ruang bawah tanah. Dibawah tanah ini disediakan tempat minum air zam - zam dengan sejumlah 350 kran air (220 kran untuk laki - laki dan 130 kran untuk perempuan), ruang masuk laki perempuan pun dipisahkan.
 
Monitoring Dan Pemeliharaan Sumur Zam - Zam
Saat ini bangunan diatas sumur zam - zam yang terlihat gambar diatas itu sudah tidak ada lagi, bahkan tempat masuk ke ruang bawah tanah inipun sudah ditutup. Sehingga ruang untuk melakukan ibadah Thawaf menjadi lebih luas. Tetapi kalau anda jeli pas Thawaf masih dapat kita lihat ada tanda dimana sumur itu berada. Sumur itu terletak kira-kira 20 meter sebelah timur dari Ka’bah.

Monitoring Dan Pemeliharaan Sumur Zam - Zam
Jumlah jamaah ke Makkah tiga puluh tahun lalu hanya 400 000 pertahun (ditahun 1970-an), terus meningkat menjadi lebih dari sejuta jamaah pertahun di tahun 1990-an, Dan saat ini sudah lebih dari 2.2 juta. Tentunya diperlukan pemeliharaan sumur ini yang merupakan salah satu keajaiban dan daya tarik tersendiri bagi jamaah haji.
Pemerintah Saudi tentunya tidak dapat diam pasrah saja membiarkan sumur ini dipelihara oleh Allah melalui proses alamiah. Namun pemerintah Arab Saudi yang sudah moderen saat ini secara ilmiah dan saintifik membentuk sebuah badan khusus yang mengurusi sumur zam - zam ini. Sepertinya memang Arab Saudi juga bukan sekedar percaya saja dengan menyerahkan ke Allah sebagai penjaga, namun justru sangat meyakini manusialah yang harus memelihara berkah sumur ini.

Sistem Pompa
Pada tahun 1971 dilakukan penelitian (riset) hidrologi oleh seorang ahli hidrologi dari Pakistan bernama Tariq Hussain and Moin Uddin Ahmed. Hal ini dipicu oleh pernyataan seorang doktor di Mesir yang menyatakan air zam - zam tercemar air limbah dan berbahaya untuk dikonsumsi. Tariq Hussain (termasuk saya dari sisi hidrogeologi) juga meragukan spekulasi adanya rekahan panjang yang menghubungkan laut merah dengan Sumur zam - zam, karena Makkah terletak 75 Kilometer dari pinggir pantai. Menyangkut dugaan doktor mesir ini, tentusaja hasilnya menyangkal pernyataan seorang doktor dari Mesir tersebut, tetapi ada hal yang lebih penting menurut saya yaitu penelitian Tariq Hussain ini justru akhirnya memacu pemerintah Arab Saudi untuk memperhatikan Sumur zam - zam secara moderen. Saat ini banyak sekali gedung-gedung baru yang dibangun disekitar Masjidil Haram, juga banyak sekali terowongan dibangun disekitar Makkah, sehingga saat ini pembangunannya harus benar - benar dikontrol ketat karena akan mempengaruhi kondisi hidrogeologi setempat.
Badan Riset sumur zam - zam yang berada dibawah
Saudi Geological Survey bertugas untuk:

  • Memonitor dan memelihara untuk menjaga jangan sampai sumur ini kering.
  • Menjaga urban disekitar Wadi Ibrahim karena mempengaruhi pengisian air.
  • Mengatur aliran air dari daerah tangkapan air (recharge area).
  • Memelihara pergerakan air tanah dan juga menjaga kualitas melalui bangunan kontrol.
  • Meng-upgrade pompa dan dan tangki-tangki penadah.
  • Mengoptimasi supplai dan distribusi air Zam - Zam


Perkembangan Perawatan Sumur Zam - Zam
Dahulu kala, zam - zam diambil dengan gayung atau timba, namun kemudian dibangunlah pompa air pada tahun 1373 H/1953 M. Pompa ini menyalurkan air dari sumur ke bak penampungan air, dan diantaranya juga ke kran-kran yang ada di sekitar sumur zam - zam.
Uji pompa (pumping test) telah dilakukan pada sumur ini, pada pemompaan 8000 liters/detik selama lebih dari 24 jam memperlihatkan permukaan air sumur dari 3.23 m dibawah permukaan menjadi 12.72 m dan kemudian hingga 13.39 m. Setelah itu pemompaan dihentikan permukaan air ini kembali ke 3.9 m dibawah permukaan sumur hanya dalam waktu 11 mnt setelah pompa dihentikan. Sehingga dipercaya dengan mudah bahwa akifer yang mensuplai air ini berasal dari beberapa celah (rekahan) pada perbukitan disekitar Makkah.  Banyak hal yang sudah dikerjakan pemerintah Saudi untuk memelihara Sumur ini antara lain dengan membentuk badan khusus pada tahun 1415 H (1994). dan saat ini telah membangun saluran untuk menyalurkan air zam - zam ke tangki penampungan yang berkapasitas 15.000 m3, bersambung dengan tangki lain di bagian atas Masjidil Haram guna melayani para pejalan kaki dan musafir. Selain itu air zam - zam juga diangkut ke tempat - tempat lain menggunakan truk tangki diantaranya ke Masjidil Nabawi di Madinah Al - Munawarrah.

Saat ini sumur ini dilengkapi juga dengan pompa listrik yang tertanam dibawah (electric submersible pump). Kita hanya dapat melihat foto - fotonya saja seperti diatas. Disebelah kanan ini adalah drum hidrograf, alat perekaman perekaman ketinggian muka air sumur zam - zam (Old style drum hydrograph used for recording levels in the zam - zam Well).

Kandungan Mineral
Tidak seperti air mineral yang umum dijumpai, air zam - zam in memang unik mengandung elemen - lemen alamiah sebesar 2000 mg perliter. Biasanya air mineral alamiah (hard carbonated water) tidak akan lebih dari 260 mg per liter. Elemen - elemen kimiawi yang terkandng dalam air zam - zam dapat dikelompokkan menjadi
Yang pertama, positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
Kedua, negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Molekul Air Zam - Zam
Kandungan-kandungan elemen - elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk (hangat). Namun konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.
 sumber : kaskus, Google Gambar.     






Share your views...

30 Respones to "Sumur Air Zam-Zam dan Fakta nya"

AriaSkinz said...

oee jangan copas mulu ...


May 15, 2012 at 4:23 PM
Anonymous said...

Wow, marvelous weblog layout! How lengthy have you been blogging for?
you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent,
as smartly as the content!

Feel free to surf to my homepage ... psn code generator


June 8, 2013 at 10:39 AM
Anonymous said...

May I simply say what a relief to find someone that truly knows what they are talking about over
the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important.
More people need to read this and understand this side of the story.
I was surprised that you aren't more popular because you most certainly possess the gift.

Here is my web-site Dragon City Hack


June 8, 2013 at 7:23 PM
indria said...

oh, ternyata copas toh? hati2, sekarang ada DCMA :)


July 13, 2014 at 8:17 PM
chenxin said...


20150704 chenxin
20150704 chenxin
air max 90
coach outlet
tory burch handbags
oakley sunglasses
coach factory outlet
michael kors handbag
cheap oakleys
abercrombie outlet
toms outlet
ray bans
michael kors handbags
ray ban sunglasses
ray ban sunglasses
burberry handbags
ray ban wayfarer
kate spade outlet online
mont blanc pens
christian louboutin
hollister clothing
gucci outlet online
true religion jeans
tory burch shoes
ralph lauren uk
michael kors
true religion sale
coach outlet
oakley sunglasses
cheap jordans
air max 95
replica watches cheap
pandora charms
michael kors
oakley sunglass
tory burch outlet
cheap oakley sunglasses
michael kors
michael kors
air max shoes
coach factory outlet
oakley sunglasses


July 4, 2015 at 4:45 PM
Anonymous said...

Delhi NCR packers and movers services providers company:
Noida packers and movers
Delhi packers and movers
Gurgaon packers and movers
Faridabad packers and movers
Ghaziabad packers and movers
Movers and packers in Delhi


October 1, 2015 at 11:55 AM
mmjiaxin said...

asics,asics israel,asics shoes,asics running shoes,asics israel,asics gel,asics running,asics gel nimbus,asics gel kayano
louis vuitton handbags outlet
michael kors outlet online
cheap football shirts
beats by dre
dallas cowboys
true religion canada
fitflop sale
ralph lauren outlet
soccer jerseys wholesale
kobe 9
thomas sabo outlet
cheap nfl jersey
cyber monday 2015
oakley sunglasses
fred perry polo shirts
ugg outlet online
michael kors uk
michael kors outlet
tiffany and co
mm1126


November 26, 2015 at 1:53 PM
chenlina said...

supra sneakers
longchamp sac
coach outlet
adidas nmd
adidas ultra boost
asics outlet
louis vuitton outlet
michael kors handbags
burberry outlet online
polo ralph shirts
uggs sale
air jordan pas cher
canada goose jackets
louis vuitton handbags
louis vuitton borse
nhl jerseys
pandora jewelry
rolex watches
michael kors outlet
roshe run
ugg slippers
ghd flat iron
ugg slippers
louis vuitton handbags
true religion
christian louboutin shoes
michael kors handbags
coach outlet store online
insanity workout
louis vuitton handbags
ugg boots
true religion outlet
michael kors handbags
ugg italia
louis vuitton
denver broncos jerseys
louis vuitton outlet
coach outlet
tommy hilfiger outlet
louis vuitton outlet
chenlina20160812


August 12, 2016 at 10:42 AM
Unknown said...

ray ban sunglasses
tory burch outlet
ferragamo outlet
ralph lauren pas cher
nike air max 90
ralph lauren femme
michael kors outlet
coach outlet
pandora jewelry
rolex watches
hollister
uggs outlet
mbt shoes
toms outlet
michael kors outlet online
coach outlet
mulberry handbags
louis vuitton handbags
cheap jordans
ugg uk,ugg outlet,ugg boots outlet
ugg boots
celine outlet
ed hardy clothing
michael kors handbags
pandora outlet
ralph lauren polo
louis vuitton outlet
coach outlet online
jordan shoes
coach outlet online
swarovski crystal
hermes birkin bag
salomon shoes
iphone case
nike free run
czq20160823


August 23, 2016 at 3:27 PM
Unknown said...

jianbin0225
air max 90
longchamp handbags
coach outlet online
christian louboutin outlet
oakley sunglasses
christian louboutin shoes
beats by dr dre
coach outlet online
hollister
louis vuitton outlet


February 25, 2017 at 2:26 PM
Unknown said...

louis vuitton
coach outlet online
ferragamo shoes
michael kors outlet
ugg boots,ugg boots outlet,cheap uggs boots,ugg boots for women,ugg boots on sale,ugg boots clearance,ugg boots clearance sale women,ugg boots clearance outlet,ugg boots for men,ugg boots for kids
ray ban sunglasses
true religion jeans
nike foamposite
tory burch outlet
oakley sunglasses
20170722caihuali


July 21, 2017 at 3:21 PM
chenlina said...

manolo blahnik
adidas shoes
adidas stan smith
mont blanc
ugg boots
ralph lauren uk
nike trainers
ugg boots
prada
adidas wings
chenlina20171216


December 16, 2017 at 8:50 AM
Unknown said...

ralph lauren polo
nike outlet
michael kors handbags
golden state warriors
tods shoes

cheap oakley sunglasses
ray ban sunglasses
jordan shoes
nike outlet
jordan 4


April 18, 2018 at 2:19 PM
Dr. Dimple Ahluwalia said...

That is great to hear, thank you for reading!


April 21, 2018 at 5:28 PM
Edigibrands said...

Very informative. Thanks for Sharing
Please visit
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-hinjewadi/
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-pimple-saudagar/
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-hadapsar-pune/
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-kharadi/
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-aundh-pune/
http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-wakad/


April 23, 2018 at 7:59 PM
Rahul Verma said...

Very nice explanation. social media is most popular media today for branding ,Thank you packers and movers in Ernakulam
thank you for sharing this. we offer the packers and movers in Ernakulam and Packers and Movers in Kochi thanks again


May 12, 2018 at 1:53 AM
Open-Angle Glaucoma said...

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)


May 24, 2018 at 4:04 PM
Internet Connection Services said...

Airtel Broadband Chandigarh providing free installation services with high speed internet connection.


August 27, 2018 at 3:46 PM
Health and Wellness Blog India said...

That is great to hear, thank you for reading!


September 5, 2018 at 1:19 PM
Dr. Rajitha said...

Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)


September 5, 2018 at 4:59 PM
Dr. Nirmala Purohit said...

That is great to hear, thank you for reading!


September 5, 2018 at 5:01 PM
Shalu Chaudhary said...

If you want to share your Reviews, Feedback, and Complaints about Agarwal Packers and Movers then visit Gile Shikwe and Phark Padta Hai websites.

Agarwal Packers and Movers Reviews
Agarwal Packers and Movers Feedback
Agarwal Packers and Movers Complaint


May 23, 2019 at 12:30 PM
Rajputana Packers & Logistics said...

Thank you so much for such an wonderful blog. I’m really thankful to you for this informative Blog .
Movers and packers in Gurgaon
Movers and packers inwarehousing service
in gurgaon


December 16, 2019 at 4:19 PM
Noida Packers said...

looking for a Packers and movers so visit on- Noida Packers and movers


December 17, 2019 at 11:12 AM
Anshul goel said...

The special Aldeko's HPL Illusion texture with its apparently three-dimensional surface. We also offers various series of HPL texture.


March 5, 2020 at 5:40 PM
Junior Engineers said...

Junior engineers are here to improve fundamental skills of the children’s. we are offering lego robotics franchise in India.


October 21, 2020 at 5:23 PM
Junior Engineers said...

Junior engineers is a best platform for Robotics classes for kids as well as childrens can learn so much in our robotics classes online.


October 21, 2020 at 5:43 PM
Vlogger said...

Express Relocation Companies in Kerala Near Kochi
Movers Companies in Kerala Near Ernakulam


November 26, 2020 at 3:25 PM
rafting said...

excellent places to visit in and around rishikesh with full detalail
and Vashishta Gufa or conference options near delhi for day and night conferences Conference Options Near Delhi


December 15, 2020 at 3:42 PM
Vlogger said...

Thanks for the nice blog. It was very useful for me. I'm happy I found this blog. We do Moving Service and Logostic Solutions


January 16, 2021 at 8:00 PM

Post a Comment

Saya hanyalah manusia biasa, apabila anda mau bertanya, anda bisa ke Contact Us

Boleh berkomentar tapi tidak mengandung SARA, P.RNO, dan SPAM.

Terimakasih atas perhatian nya.

30 comments:

  1. Wow, marvelous weblog layout! How lengthy have you been blogging for?
    you make blogging look easy. The overall look of your web site is magnificent,
    as smartly as the content!

    Feel free to surf to my homepage ... psn code generator

    ReplyDelete
  2. May I simply say what a relief to find someone that truly knows what they are talking about over
    the internet. You definitely know how to bring an issue to light and make it important.
    More people need to read this and understand this side of the story.
    I was surprised that you aren't more popular because you most certainly possess the gift.

    Here is my web-site Dragon City Hack

    ReplyDelete
  3. oh, ternyata copas toh? hati2, sekarang ada DCMA :)

    ReplyDelete
  4. That is great to hear, thank you for reading!

    ReplyDelete
  5. Very informative. Thanks for Sharing
    Please visit
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-hinjewadi/
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-pimple-saudagar/
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-hadapsar-pune/
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-kharadi/
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-aundh-pune/
    http://sandeeppackers.com/packers-and-movers/packers-movers-wakad/

    ReplyDelete
  6. Very nice explanation. social media is most popular media today for branding ,Thank you packers and movers in Ernakulam
    thank you for sharing this. we offer the packers and movers in Ernakulam and Packers and Movers in Kochi thanks again

    ReplyDelete
  7. Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

    ReplyDelete
  8. Airtel Broadband Chandigarh providing free installation services with high speed internet connection.

    ReplyDelete
  9. Thanks for sharing that. It was fun reading it. :-)

    ReplyDelete
  10. That is great to hear, thank you for reading!

    ReplyDelete
  11. Thank you so much for such an wonderful blog. I’m really thankful to you for this informative Blog .
    Movers and packers in Gurgaon
    Movers and packers inwarehousing service
    in gurgaon

    ReplyDelete
  12. The special Aldeko's HPL Illusion texture with its apparently three-dimensional surface. We also offers various series of HPL texture.

    ReplyDelete
  13. Junior engineers are here to improve fundamental skills of the children’s. we are offering lego robotics franchise in India.

    ReplyDelete
  14. Junior engineers is a best platform for Robotics classes for kids as well as childrens can learn so much in our robotics classes online.

    ReplyDelete
  15. excellent places to visit in and around rishikesh with full detalail
    and Vashishta Gufa or conference options near delhi for day and night conferences Conference Options Near Delhi

    ReplyDelete
  16. Thanks for the nice blog. It was very useful for me. I'm happy I found this blog. We do Moving Service and Logostic Solutions

    ReplyDelete

Saya hanyalah manusia biasa, apabila anda mau bertanya, anda bisa ke Contact Us

Boleh berkomentar tapi tidak mengandung SARA, P.RNO, dan SPAM.

Terimakasih atas perhatian nya.

 

Facebook Like Page

Important Image Link

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

About Me

My Photo
Rizqy Agusta Primananda
Im newbie blog, please gimme a knowledge
View my complete profile

Backlink Like a Boss

Bid Based Wed Directory SearchDollar Text Link Exchange Web Link Exchange Text Back Links Exchanges Text Backlink Exchanges Text Back Links Exchange Text Back Link Exchange AllNewsSite Link Exchange Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) AllNewsSite Link Exchange Free Auto Backlinks

Tukar Link Automatis

© 2010 RapID All Rights Reserved RapID Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...