12 Aturan cara kerja otak

12 Aturan cara kerja otak



12 Aturan Cara Kerja Otak
Saya baru tahu nih, ternyata otak punya aturan nya sendiri.
Aku tahu buku Brain Rules dari Pak Hernowo Mizan ketika tampil bareng di seminar Buku Digital di DPR RI. Langsung deh aku beli dan isinya menarik banget buat mengembangkan efektivitas belajar dan bekerja kita. Mau tahu? 
Brain Rules ditulis oleh John Medina, seorang biologi molekuler perkembangan dan konsultan penelitian (hihihi jangan tanya aku apa kerjanya ya….). Tapi kalau baca bukunya sangat kerasa banget beliau membawa perspektif evolusioner, semua dikaitkan dengan evolusi manusia.
Dia mengakui bahwa otak itu kompleks tapi ingin memperkenalkan cara kerja otak secara sederhana dengan membuat 12 aturan cara kerja otak.  Tidak hanya penjelasan teoritis, John Medina menjelaskan konsekuensi praktis pada setiap aturan, dalam konteks rumah, sekolah dan tempat kerja. Asyik kan?
Di posting ini aku tulis dan tulis ulang 3 dari 12 Aturan Cara Kerja Otak. Ringkas saja agar mudah dipelajari dan sempat dipraktekkan (praktek? sepertinya jauh deh….hihihi). Posting akan ditulis dengan urutan, aturan, penjelasan singkat, dampak praktisnya.
1. Bergerak melejitkan kemampuan otak
Otak kita dirancang untuk berjalan kaki, sekitar 19 kilometer per hari (ngek kuat amit…), selama masa evolusi nenek moyang kita. Ketika kita bergerak, darah akan terpompa ke otak, mengalirkan oksigen dan glukosa. Aerobik 2 kali seminggu memangkas resiko terkena dementia (penurunan kapasitas otak) dan menurunkan resiko sampai 60% terkena Alzheimer.
Aturan pertama ini menjelaskan mengapa kita mudah bosan ketika duduk diam di dalam kelas atau ruang kerja. Tanpa pergerakan membuat oksigen yang mengalir ke otak berkurang sehingga dianggap sebagai sinyal beristirahat (jadi menguap kan kalau kelamaan duduk?). Persoalannya, ruang kelas dan kerja kita didesain dengan asumsi kita diam ketika belajar dan bekerja (nah….gimana dong…)

Praktisnya:
Bila tubuh kita diam maka otak kita diam. Bergeraklah sambil belajar dan bekerja. Sekurang-kurangnya, lakukan pergerakan 10 menit setelah belajar atau bekerja.

2. Otak kita juga berevolusi
Otak adalah organ bertahan hidup kita dalam menjalani evolusi. Kita mengatasi dunia dengan beradaptasi dengan perubahan lingkungan. Kita bukan makhluk yang terkuat di bumi ini, tapi otak kita berkembang menjadi yang terhebat. Otak kita berkembang selama menangani penyelesaian persoalan dan membangun relasi dengan orang lain.
Kemampuan memahami persoalan dan membangun relasi dengan orang lain menjadi aktivitas bertahan hidup utama, bahkan hingga hari ini. Bukan saja di sekolah, kedua kemampuan itu juga kita butuhkan di tempat kerja.
Praktis: Bila kita tidak nyaman dengan orang lain maka kita tidak bisa efektif. Ketika murid tidak nyaman dengan gurunya maka belajar menjadi tidak efektif. Ketika bawahan tidak nyaman dengan atasannya maka bekerja menjadi tidak efektif. Belajar menyimak motivasi orang lain dan bangun relasi agar otak kita bekerja efektif.



3. Setiap otak tersusun secara berbeda
Otak dari kecil mengalami perkembangan yang luar biasa. Ada serangkaian hubungan yang terbangun antar ujung syaraf seiring dengan penghilangan hubungan yang lain. Apa yang kita lakukan dan pelajari dalan kehidupan mengubah bentuk fisik otak kita, mengubah susunan otak kita.
Setiap orang mempunyai pengalaman yang berbeda dalam menjalani hidup. Tidak ada dua otak manusia yang sama yang menyimpan informasi yang sama dengan cara yang sama di tempat yang sama (wiiiiih mbulet deh…..tapi gitu kok kenyataannya). Ada jutaan cara untuk menjadi cerdas sebagaimana diyakini konsep kecerdasan majemuk Howard Gardner. Sayangnya, banyak diantaranya tidak muncul dalam tes IQ.
Praktisnya:  Perlakukan diri kita dan orang lain sebagai individu unik yang mempunyai cara belajarnya sendiri.

4. Kita tidak memperhatikan hal-hal membosankan
Otak bisa diibaratkan sebagai lampu sorot (spotlight) yang menyorot berbagai macam hal di sekitarnya. Lampu sorot otak ini hanya dapat fokus pada satu hal pada satu waktu: Tidak ada multitasking bagi otak.
Lampu sorot otak itu menyukai sesuatu yang membangkitkan emosi dan mudah beralih ketika menyorot sesuatu yang membosankan. Ceramah atau pembicaraan yang biasa-biasa saja hanya mendapat perhatian dari otak kita kurang dari 10 menit. (Oooo pantesan kalau aku diceramahin, 10 menit sudah buka BB *eh).
Praktisnya: Pancing perhatian orang yang mendengarkan kita bicara setelah 10 menit melalui cerita yang menyentuh emosi. Hindari interupsi dalam mengerjakan suatu tugas karena akan meningkatkan jumlah kesalahan.

5. Ulangi untuk Mengingat
Otak itu ibarat mesin pengolah informasi yang mempunyai beragam mekanisme. Salah satunya, declarative memory yang mempunyai 4 tahap pengolahan informasi: mengodekan, menyimpan, memanggil dan melupakan.
Kalau kita mengingat informasi dengan cara yang biasa-biasa saja, maka kita akan segera melupakan. Ibarat ketemu cewek yang biasa-biasa saja maka kita segera melupakan begitu saja. Beda kalau pertama bertemu begitu mempesona, wah sampai rumah pun masih terbayang-bayang wajahnya. (bener kan…?). Semakin rumit kita mengodekan informasi semakin kuat memori itu.
Praktisnya: Kaitkan suatu informasi baru dengan informasi lama. Buat jembatan keledai untuk merangkai suatu informasi. Ulangi untuk mengingat suatu informasi dengan pola yang berbeda.


6. Ingatlah untuk mengulang
Sebagian besar memori menghilang dalam hitungan detik. Proses melupakan itu bagus karena kita tidak perlu menyimpan informasi yang tidak relevan dan membantu menentukan prioritas. Ingatlah yang sekarang, bukan masa lalumu (uhuk). Tapi bila kita ingin mengingat suatu informasi, maka ingatlah untuk mengulang.
Praktisnya:  Ingatlah suatu informasi secara bertahap dan mengulanginya dalam jeda waktu yang terpola waktunya.

7. Tidur baik, berpikir pun baik.
Otak mengalami ketegangan terus menerus sepanjang hari. Bahkan ketika tidur pun, otak kita tidak sepenuhnya beristirahat. Otak tetap aktif secara ritmis selama kita tidur.  Kurang tidur akan menurunkan perhatian, pengambilan keputusan, memori kerja, mood, keterampilan kuantitatif, penalaran bahkan ketangkasan motorik.
Praktisnya: Cukuplah tidur. Jangan malu untuk tidur siang (enaknyaaaaa…)

8. Otak yang stress tidak belajar secara sama
Otak kita terlatih untuk menghadapi bahaya atau stress dalam durasi pendek, semacam ancaman dari hewan buas. Stress yang ringan meningkatkan kinerja kita, stress kronis melumpuhkan kemampuan kita belajar.
Kita punya otak satu, otak yang sama yang kita pakai di rumah, sekolah maupun kantor. Stress di suatu tempat akan berpengaruh pada kinerja kita di tempat lain.
Praktisnya: Jangan stress (hehehe). Bangun relasi dan emosi yang stabil di rumah, itu kunci.


9. Rangsanglah lebih banyak indera
Kita menyerap informasi tentang suatu kejadian melalui indera, menerjemahkan dalam bentuk sinyal listrik, menyebarkan ke bagian otak terpisah dan ketika mengingat kita merekonstruksikan ingatan kejadian itu.
Semakin banyak indera yang mendapatkan informasi atas suatu kejadian maka semakin mudah kita merekronstruksi ingatan akan kejadian tersebut. Hasil riset, Efek Proust, bau dapat memicu memori, hingga 10-50% lebih baik. (apa bau badanmu sekarang? *eh salah). Bau bahkan memicu emosi kita.
Praktisnya: Gunakan multisensori dalam menyampaikan penjelasan ke murid atau bawahan, paling tidak kata dan gambar. Bila perlu ciptakan ruangan yang baunya bisa diasosiasikan positif.

10. Penglihatan mengungguli indera-indera kita.
Kita tidak melihat dengan mata kita, kita melihat dengan otak kita. Apa yang kita lihat bukanlah yang terlihat, tapi apa yang diberitahukan otak untuk kita lihat. Tak heran maka kita sering terjebak menilai orang dari tampilan luar, karena memang begitu cara kerja otak kita.
Kita paling bagus belajar dan mengingat dengan gambar, bukan kata-kata tertulis atau terucap. Mendengar sekarang maka 3 hari kemudian hanya teringat 10%, sementara dengan melihat kita masih mengingat 65%. Teks mencekik otak kita, otak tidak mengenal kata-kata, tapi mengenal gambar. Ketika mengingat “Gajah pakai baju warja merah”, kita akan “melihat” gambar gajahnya, bukan tulisan g-a-j-a-h.
Praktisnya: Buang powerpoint yang penuh dengan teks dan poin-poin. Gunakan gambar yang berasosiasi dengan suatu informasi untuk belajar.


11. Otak pria dan wanita berbeda
Kalangan kesehatan mental sudah mengenali perbedaan antara pria dan wanita. Pria lebih mudah terkena schizophrenia dibandingkan wanita. Dengan rasio 2 banding 1, wanita memiliki kecenderungan lebih tinggi mengalami depresi dibandingkan pria, temuan setelah wanita mengalami pubertas dan terus stabil sampai 50 tahun berikutnya.
Pria dan wanita merespon stress dengan cara yang berbeda. Pria mengaktifkan amygdala di sebelah kanan otak mereka, wanita mengaktifkan sebelah kiri. Aktivasi sebelah kiri akan membuat orang lebih mengingat detil, aktivasi sebelah kiri akan membuat orang mengingat intinya.
Praktisnya: Kelola kelas dengan pengaturan gender berbeda. Buat tim lintas gender dalam dunia kerja.

12. Kita adalah penjelajah alami yang kuat
Hasrat untuk mengeksplorasi begitu besar dalam diri kita. Hasrat itu tetap ada meski kita berada dalam ruang kelas dan ruang kerja. Bayi adalah model cara kita belajar. Bukan dengan pasif terhadap lingkungan, tapi aktif berksplorasi, melakukan pengamatan, membuat dugaan, lakukan pengujian dan kesimpulan.
Hebatnya, beberapa bagian otak dewasa tetap lentur seoerti bagian otak bayi supaya kita dapat menciptakan syaraf-syaraf dan mempelajari baru sepanjang hayat.
Praktisnya: Teruslah menjadi anak kecil yang penuh takjub dan pertanyaan pada dunia.
Kalau mau lebih lengkapnya, silahkan beli bukunya Brain Rules. Kalau mau penjelasan gratisan lengkap dengan presentasi dan video, klik saja di BrainRules.net. Presentasi dibawah ini adalah salah satu contoh aplikasi 12 aturan itu dalam melakukan presentasi.
sumber
keyword
12 Cara Kerja otak
12 Aturan cara kerja otak




Share your views...

10 Respones to "12 Aturan cara kerja otak"

junxia2 Zheng said...

2015-06-23 zhengjx
michael kors bags
oakley sunglasses wholesale
ray bans
pandora jewelry stores
cheap oakley sunglasses
cheap oakley sunglasses
football jerseys
air max uk
replica watches rolex
coach outlet
kate spade
coach outlet
hollister kids clothing
coach factory outlet
true religion
chanel handbags
kate spade outlet
oakley sunglasses outlet
rolex watches for sale
coach outlet
burberry scarf
kate spade bags
true religion jeans
cheap soccer jerseys
michael kors handbags
michael kors uk outlet
ralph lauren polo shirts
michael kors outlet
ray bans
ray bans
coach factory outlet
christian louboutin
replica watches for sale
ray ban outlet
michael kors outlet
mont blanc pens
true religion jeans outlet
tory burch shoes
retro jordans
coach outlet online


June 24, 2015 at 9:36 AM
陈晓 said...

ferragamo shoes

straighteners

gucci shoes

gucci shoes

gucci outlet

gucci shoes

gucci outlet

gucci shoes

hermes bags

hermes bags

hermes birkin

hollister clothing

hollisterco

insanity workout

iphone 5s cases

jimmy choo shoes

air jordan

air jordan shoes

juicy couture

juicy couture outlet

kate spade

katespade

kate spade bags

longchamp bags

longchamp outlet

louboutin

louis vuitton canada

louis vuitton outlet stores

louis vuitton outlet

vuitton handbags

louis vuitton outlet online

louis vuitton

louis vuitton

marc jacobs handbags

mcm bags

mcm backpack

michael kors


July 10, 2015 at 10:42 AM
chenlina said...

chenlina20150722
hollister clothing
michael kors handbags
michael kors
hollister
louis vuitton outlet
coach outlet
gucci shoes
michael kors outlet
dior outlet
michael kors bag
michael kors outlet online
jordan pas cher femme
true religion outlet
coach outlet
pandora charms
michael kors outlet online
kids lebron james shoes
air jordan retro
christian louboutin outlet
louis vuitton outlet
cheap jerseys
michael kors outlet online
chanel handbags
louis vuitton uk
michael kors outlet
kobe bryant shoes
louis vuitton handbags
jordan 8s
ray ban wayfarer
louis vuitton handbags
ray-ban aviator
jordan 6 black infrared 2015
louis vuitton
ray ban eyeglasses
louis vuitton outlet
abercrombie kids
michael kors outlet online
air max 90
christian louboutin
football shoes
as


July 22, 2015 at 4:34 PM
chenlina said...

chenlina20150923
mont blanc
hollister co
abercrombie and fitch
christian louboutin
ray ban outlet
abercrombie
coach outlet online
marc jacobs
kate spade uk
canada goose uk
moncler outlet
gucci outlet
louboutin
lebron james shoes
louis vuitton handbags
ugg boots
coach outlet
nike free runs
longchamp handbags
nike store uk
fake oakley sunglasses
fake oakleys
kate spade
longchamp
gucci borse
adidas original trainers
adidas originals
air jordans
mcm outlet
nike running shoes
nike blazer
giuseppe zanotti sneakers
toms wedges
ugg boots clearance
kate spade outlet
snapbacks wholesale
cheap jerseys
jordan shoes
ray ban sunglasses outlet
ralph lauren
as


September 23, 2015 at 8:17 AM
ninest123 Ninest said...

ninest123 10.24
cheap oakley sunglasses, uggs outlet, uggs outlet, michael kors outlet, louis vuitton outlet, tory burch outlet, prada outlet, ray ban sunglasses, polo ralph lauren outlet online, christian louboutin shoes, michael kors outlet online, jordan shoes, oakley sunglasses, chanel handbags, replica watches, oakley sunglasses wholesale, longchamp outlet, prada handbags, michael kors outlet store, louis vuitton outlet, nike air max, ugg boots, louis vuitton, ray ban sunglasses, tiffany and co, ugg boots, michael kors outlet, polo outlet, burberry handbags, tiffany jewelry, oakley sunglasses, nike air max, gucci handbags, louis vuitton, nike free, michael kors outlet online, longchamp outlet, ray ban sunglasses, burberry outlet, louis vuitton outlet, longchamp outlet, christian louboutin outlet, michael kors outlet online, replica watches, christian louboutin uk, christian louboutin, kate spade outlet, nike outlet


October 24, 2015 at 8:30 AM
ninest123 Ninest said...

coach outlet, north face uk, nike air max uk, coach outlet, hogan outlet, nike air max, kate spade, vans pas cher, nike air max uk, longchamp pas cher, true religion outlet, abercrombie and fitch uk, hollister uk, ray ban uk, coach purses, hollister pas cher, ray ban pas cher, sac vanessa bruno, nike roshe run uk, north face, louboutin pas cher, true religion jeans, oakley pas cher, nike roshe, nike blazer pas cher, michael kors, air max, converse pas cher, true religion outlet, burberry pas cher, coach outlet store online, ralph lauren uk, lululemon canada, guess pas cher, true religion outlet, timberland pas cher, polo ralph lauren, nike free uk, sac longchamp pas cher, jordan pas cher, polo lacoste, michael kors, new balance, nike tn, mulberry uk, michael kors outlet, nike free run, michael kors pas cher, sac hermes, nike air force


October 24, 2015 at 8:33 AM
ninest123 Ninest said...

jimmy choo outlet, north face outlet, bottega veneta, valentino shoes, nike huaraches, longchamp uk, nike roshe run, insanity workout, ghd hair, converse, mcm handbags, mont blanc pens, ferragamo shoes, herve leger, abercrombie and fitch, louboutin, converse outlet, reebok outlet, hollister, nfl jerseys, ray ban, timberland boots, asics running shoes, hermes belt, p90x workout, nike air max, soccer shoes, instyler, hollister clothing, baseball bats, giuseppe zanotti outlet, nike trainers uk, hollister, wedding dresses, new balance shoes, north face outlet, beats by dre, gucci, chi flat iron, vans, iphone 6 cases, mac cosmetics, oakley, nike air max, babyliss, ralph lauren, lululemon, celine handbags, vans outlet, soccer jerseys, oakley sunglasses, uggs on sale


October 24, 2015 at 8:34 AM
ninest123 Ninest said...

montre pas cher, louis vuitton, marc jacobs, links of london, swarovski crystal, canada goose outlet, hollister, thomas sabo, moncler uk, karen millen uk, ugg pas cher, michael kors handbags, pandora uk, louis vuitton, canada goose, juicy couture outlet, ugg,ugg australia,ugg italia, wedding dresses, moncler outlet, canada goose, ugg,uggs,uggs canada, juicy couture outlet, lancel, pandora jewelry, canada goose, pandora jewelry, supra shoes, doke gabbana, moncler, moncler, michael kors outlet online, canada goose outlet, ugg, replica watches, moncler outlet, louis vuitton, ugg uk, canada goose uk, barbour, michael kors outlet, pandora charms, coach outlet, louis vuitton, louis vuitton, toms shoes, canada goose jackets, doudoune moncler, moncler, barbour uk, canada goose outlet, moncler, swarovski
ninest123 10.24


October 24, 2015 at 8:36 AM
mmjiaxin said...

michael kors handbags
canada goose outlet
lululemon pants
true religion outlet
ray ban outlet
links of london jewellery
michael kors online outlet
oakley sunglasses wholesale
supra shoes
the north face outlet
cheap ugg boots
canada goose outelt
nike foamposite
cheap jordan shoes
ralph lauren,polo ralph lauren,ralph lauren outlet,ralph lauren italia,ralph lauren sito ufficiale
hollister canada
canada goose jackets
vans shoes
air jordan shoes for sale
ray-ban sunglasses
mm1126


November 26, 2015 at 2:06 PM
Minko Chen said...

mulberry handbags sale
longchamp outlet
kobe 9
toms outlet store
toms outlet
hollister uk
ray-ban sunglasses
ray-ban sunglasses
rolex watches
ugg boots clearance,ugg australia,uggs on sale,ugg slippers,uggs boots,uggs outlet,ugg boots,ugg,uggs
mulberry outlet store
ferragamo shoes sale
oakley,occhiali oakley,oakley italia,oakley occhiali,oakley sunglasses
fred perry polo shirts
michael kors handbags
hollister canada
chicago blackhawks
prada sneakers
toms outlet
swarovski outlet
0113minko


January 13, 2016 at 1:53 PM

Post a Comment

Saya hanyalah manusia biasa, apabila anda mau bertanya, anda bisa ke Contact Us

Boleh berkomentar tapi tidak mengandung SARA, P.RNO, dan SPAM.

Terimakasih atas perhatian nya.

10 comments:

Saya hanyalah manusia biasa, apabila anda mau bertanya, anda bisa ke Contact Us

Boleh berkomentar tapi tidak mengandung SARA, P.RNO, dan SPAM.

Terimakasih atas perhatian nya.

 

Facebook Like Page

Important Image Link

MyFreeCopyright.com Registered & Protected

About Me

My Photo
Rizqy Agusta Primananda
Im newbie blog, please gimme a knowledge
View my complete profile

Backlink Like a Boss

Bid Based Wed Directory SearchDollar Text Link Exchange Web Link Exchange Text Back Links Exchanges Text Backlink Exchanges Text Back Links Exchange Text Back Link Exchange AllNewsSite Link Exchange Blogadr.com - Listed (add your blog to Blogadr.com) AllNewsSite Link Exchange Free Auto Backlinks

Tukar Link Automatis

© 2010 RapID All Rights Reserved RapID Converted into Blogger Template by Hack Tutors.info

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...